ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN POSTER NUTRISARI JERUK MAROKO : "Baru! NutriSari Jeruk Maroko"
BAB I
PENDAHULUAN
I.I
LATAR BELAKANG
Di zaman sekarang ini, banyak dijumpai
berbagai produk minuman kemasan yang beredar di masyarakat dengan berbagai
varian rasa. Karena masyarakat semakin meningkat kebutuhannya dalam
mengkonsumsi suatu jenis minuman. Masyarakat juga banyak yang menyukai minuman
kemasan dikarenakan jauh lebih praktis dan mudah didapatkan dimana saja, selain
itu harga minuman kemasan masih terbilang cukup murah. Minuman kemasan sachet juga
tersedia dalam berbagai varian rasa tanpa memperhatikan dampak yang ditimbulkan
dari bahan - bahan yang terkandung di dalamnya dalam jangka panjang.
Minuman kemasan merupakan suatu
minuman yang dapat diminum langsung ataupun harus melalui proses terlebih
dahulu yang dikemas dalam berbagai bentuk kemasan, ada yang berupa kemasan
sachet, gelas ataupun botol. Minuman kemasan yang banyak beredar di kalangan
masyarakat berupa minuman ringan. Minuman ringan sendiri adalah minuman olahan
dalam bentuk serbuk maupun cair tanpa mengandung alkohol tetapi dalam
komposisinya terdapat bahan tambahan pangan tertentu. Salah satu minuman
kemasan dalam bentuk sachet adalah NutriSari.
NutriSari merupakan salah satu produk
pertama dan unggulan dari Nutrifood, yaitu sebuah perusahaan makanan dan
minuman di Indonesia yang didirikan sejak tahun 1979 . Pada awalnya NutriSari
merupakan minuman serbuk rasa buah jeruk, namun seiring dengan perkembangannya
NutriSari yang merupakan pionir di kategori minuman serbuk terus berinovasi
menghasilkan produk - produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Beberapa nama merek
yang dihasilkan NutriSari antara lain NutriSari Bergizi, Nutri Tea dan
NutriSari Hangat. Selain jeruk, NutriSari juga menggunakan berbagai macam jenis
buah pada varian produknya. Seperti jambu, mangga dan lain-lain, bahkan sayuran
juga digunakan varian rasa NutriSari yaitu produk NutriSari Fruit'en Veg yang
merupakan kombinasi dari berbagai macam buah dan sayuran.
Pada perkembangan selanjutnya,
NutriSari tidak hanya berupa minuman serbuk yang merupakan NonReady To Drink
(NRTD), tetapi juga memiliki produk yang dapat langsung diminum, Ready to drink
(RTD).
Selain dengan berbagai varian rasa
buah seperti jambu atau mangga, NutriSari juga terus berinovasi dengan berbagai
varian buah jeruk lainnya, seperti jeruk nipis, jeruk peras, dan kini hadir
yaitu NutriSari Jeruk Maroko. Dengan launchingnya varian Jeruk Maroko minat
para konsumen untuk mencoba dan membeli
semakin meningkat. Dikutip dari Web MD, jeruk maroko memiliki kadar
vitamin C sehat yang dapat meningkatkan Kesehatan kulit. Salah satu media
komunikasi yang digunakan dalam mempromosikan produk baru ini adalah dengan
poster digital sebagai media cetak yang di upload melalui website online
NutriSari salah satunya yaitu Instagram.
Penelitian ini bertujuan menganalisis tanda dengan mengunakan elemen dasar pada teori semiotika yang akan diteliti dalam hal ini yaitu makna simbol dan tanda yang terdapat dalam poster NutriSari Jeruk Maroko. Pesan sasaran yang ditemukan pada poster tersebut terlihat dari setiap tanda verbal maupun nonverbal. Dengan demikian, iklan tersebut sangat menarik untuk diamati dan diteliti karena banyak ditemukannya simbol - simbol secara visual ataupun tulisan yang memiliki makna tersendiri untuk disampaikan.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1
IKLAN
Iklan
merupakan bagian dari komunikasi karena pada dasarnya iklan merupakan proses
penyampaian pesan. Pesan tersebut berisi informasi tentang suatu produk baik
barang maupun jasa. Iklan disampaikan secara persuasi dan bertujuan untuk
memengaruhi khalayak. Maka, biasanya iklan disampaikan melalui media massa baik
cetak maupun elektronik agar dapat diterima oleh khalayak luas secara serempak.
(Nawiroh, 2022: 59).
Iklan
merupakan hal yang sering kita jumpai baik dimedia cetak maupun media elektronik. Dan setiap produsen
selalu menyuguhkan iklan yang menarik untuk menarik perhatian bagi konsumen.
Iklan adalah kegiataan memberitahukan atau menginformasikan suatu hal, barang,
atau jasa melalui media massa baik online maupun ofline. Media yang digunakan,
antara lain televisi, radio, koran, majalah, internet, hp, poster, pamflet,
brosur, spanduk dan sabagainya. Sedangkan, pengertian iklan menurut para ahli,
sebagai berikut :
1) Menurut
Kriyantono (2008: 2)
menjelaskan bahwa iklan merupakan suatu bentuk komunikasi non - personal yang
menjual pesan - pesan secara persuasif dari sponsor yang dimana berguna untuk
mempengaruhi orang agar membeli suatu produk dengan membayar biaya untuk media
yang digunakan.
2) Menurut
Durianto (2003: 2)
menjelaskan bahwa iklan sebagai proses komunikasi yang tujuannya untuk membujuk
atau menggiring pembaca agar mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak
pembuat iklan.
3) Menurut
Suhandang (2005: 2)
menjelaskan bahwa iklan sebagai salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan
membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan sebuah informasi tentang barang
atau jasa yang ditawarkan oleh pihak pemasang iklan.
4) Menurut
Gilson & Berkman (1980: 2),
iklan adalah media komunikasi persuasif yang dirancang sedemikian rupa untuk
menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektifitas atau tujuan pemasar
5) Menurut
Lee dan Johnson (2007: 3), iklan
adalah komunikasi komersial dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan
produk – produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media
yang bersifat massal, seperti televisi, radio, koran, majalah, direct email,
reklame luar ruang, atau kendaraan umum.
6) Menurut
Sudiana (1986: 1), iklan
adalah salah satu bentuk komunikasi yang terdiri atas informasi dan gagasan
tentang suatu produk yang ditujukan kepada khalayak secara serempak agar
memperoleh sambutan baik, iklan berusaha untuk memberikan informasi, membujuk
dan meyakinkan.
7) Pengertian
iklan menurut Fandy Tjiptono (2005: 18) mengatakan bahwa Iklan adalah bentuk komunikasi tidak
langsung yang didasari pada informasi tentang keungulan atau keuntungan suatu
produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan
yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian.
Jadi, secara umum pengertian iklan
adalah pemberitahuan mengenai barang dan jasa dengan tujuan untuk membujuk atau
menghasut khalayak pada barang atau jasa yang ditawarkan. Dapat juga dikatakan
bahwa iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi massa yang tidak hanya
berfungsi sebagai sarana promosi untuk menawarkan barang dan jasa saja, tetapi
mengalami perluasan fungsi, yaitu menjadi alat menanamkan makna simbolik karakternya,
iklan merupakan potret realitas yang ada di masyarakat sehingga dapat menyebarkan
nilai – nilai sosial, budaya, polotik, dan sebagainya. (Nawiroh, 2022: 60)
2.2
PERIKLANAN
Pengertian periklanan menurut beberapa
ahli, sebagai berikut :
1) Menurut
Monle Lee dan Carla Johnson (2004: 15) Periklanan adalah komunikasi komersil dan nonpersonal
tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransaksikan ke suatu
khalayak target melalui media bersifat massal seperti televisi, radio, koran
(surat kabar), majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar
ruangan, atau kendaraan umum.
2) Menurut
Philip Kotler (2008: 15)
Periklanan adalah semua bentuk terbayar dari presentasi nonpribadi dan promosi
ide, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu.
3) Menurut
M. Suyanto (2007: 16)
mendefinisikan Periklanan adalah penggunaan media bauran oleh penjual untuk
mengkomunikasikan informasi persuasif tentang produk, jasa atau pun organisasi
dan merupakan alat promosi yang kuat.
4) Menurut
Lee dan Johnson yang dialih bahasakan oleh Munandar dan Priatna (2007: 16) Periklanan adalah komunikasi komersil
dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang
ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat massal seperti televisi,
radio, koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang,
atau kendaraan umum.
Berdasarkan deskripsi konseptual dari para ahli maka dapat disimpulkan, periklanan adalah bentuk komunikasi kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberikan informasi dengan mempengaruhi konsumen sehingga tercipta kegiatan pemasaran yang menguntungkan bagi pengiklan atau Perusahaan.
2.3 TEORI
SEMIOTIKA ROLAND BARTHES
Secara
etimologis, semiotik berasal dari bahasa Yunani yaitu simeon yang berarti
“tanda”. Semiotika ditentukan sebagai cabang ilmu yang berurusan dengan tanda,
mulai dari sistem tanda, dan proses yang berlaku bagi penggunaan tanda pada
akhir abad ke-18. J.H (Ambarini A & Nazla M.U, 2012: 27). Secara
terminologis, semiotik dapat diartikan sebagai ilmu yang menafsirkan berbagai
dimensi objek, kasus-kasus kebudayaan sebagai tanda. Tanda sendiri dapat
diartikan sebagai sesuatu jika merujuk pada filsafat tanda disebut sebagai thing
atau entity. Menurut Paul Colbey, kata dasar semiotika diambil dari kata
dasar Seme (Yunani) yang berarti “penafsir tanda” (Rusmana, 2005: 4).
Roland Barthes, seorang ahli semiotika terkenal, mengemukakan berbagai konsep yang relevan dengan analisis iklan dari sudut pandang semiotika. Menurut Barthes, semiologi hendak mempelajari bagaimana kemanusiaan (humanity) memaknai hal – hal (thing). Teori semiotika Barthes hampir secara harfiah diturunkan dari teori bahasa menurut de Saussure. Roland Barthes mengungkapkan bahwa bahasa merupakan sebuah sistem tanda yang mencerminkan asumsi – asumsi dari masyarakat tertentu dalam waktu tertentu (Sobur, 2003:63).
Gambar 2.1 Peta Tanda Roland Berthes
(Sumber: https://www.harjasaputra.com/teori/pengertian-dan-metode-semiotika/)
Dari iklan yang ingin dianalisis,
peneliti hendak mengkaji melalui pemikiran Barthes. Melalui semiotika, Barthes
membedakan iklan menjadi dua tahapan, yaitu tahapan denotasi dan konotasi.
Denotasi merupakan makna yang sebenar – benarnya, yang disepakati Bersama
sosial, yang rujukannya pada realitas.
Sementara itu, konotasi merupakan tanda
yang penandanya mempunyai keterbukaan makna atau makna yang implisit,
tidak langsung, dan tidak pasti, artinya terbuka kemungkinan terhadap
penafsiran – penafsiran baru. Setelah melalui tahapan denotasi dan konotasi,
peneliti juga membedah iklan menggunakan mitos dan ideologis.
Barthes juga melihat makna yang lebih dalam tingkatannya, tetapi lebih bersifat konvensional, Hal ini bertujuan untuk mendapatkan makna komprehensif dan tidak setengah - setengah. yaitu makna yang berkaitan dengan mitos. Mitos sendiri dalam pandangan Barthes berada pada konsep mitos dalam arti umum, Barthes mengemukakan mitos adalah Bahasa. Maka, mitos adalah sebuah sistem komunikasi dan mitos adalah sebuah pesan atau nilai – nilai sosial (yang sebetulnya arbitrer atau konotatif) sebagai sesuatu yang dianggap ilmiah.
Gambar 2.2 Model Semiotika Roland
Barthes
(Sumber: https://sastranesia.id/bahasa-sebagai-tanda-yang-berlapis-semiotika-barthes/)
Dengan demikian, peneliti akan melakukan
penelitian terkait analisis semiotika dengan menggunakan teori Roland Barthes,
alasan peneliti memilih teori yang dikemukankan oleh Roland Bartes karena teori
tersebut lebih kritis dari pada teori semiotika lainnya.
Dalam konteks ini, peneliti akan
menganalisis makna tanda pada iklan komersial yaitu NutsiSari jeruk maroko
melalui poster. Maka dari itu, peneliti juga akan mengharapkan bisa menambah
wawasan pembaca dalam mempresentasikan ilmu memaknai pesan dari simbol ataupun
tanda yang terkandung dalam penelitian semiotika.
BAB III
ANALISA IKLAN
Gambar
3.1
Poster NutriSari Jeruk Maroko
(https://www.behance.net/gallery/88717371/Nutrisari-Orange-Morocco)
3.1 MENDEFINISIKAN OBJEK IKLAN
Dalam menganalisis iklan, salah satu tahap yang
penting adalah mendefinisikan objek iklan. Objek iklan merupakan elemen - elemen
visual yang terdapat dalam iklan, seperti gambar, teks, dan logo. Teknik
semiotika dapat membantu kita untuk memahami makna dari objek - objek visual
dalam iklan. Teknik semiotika membagi makna tanda menjadi dua tingkatan, yaitu
denotasi dan konotasi.
Menurut Darmawan,
R. (2018). denotasi
merupakan makna yang paling dasar dan literal dari sebuah tanda. Makna denotasi
merupakan makna yang bersifat objektif dan dapat dipahami oleh semua orang. Sedangkan konotasi merupakan makna
yang tersirat dan bersifat interpretatif. Makna konotasi merupakan makna yang
dipengaruhi oleh budaya, pengalaman, dan pengetahuan kita tentang dunia.
Berikut adalah penjelasan lebih detail dari
identifikasi objek iklan yang memiliki warna dasar biru dan kuning, logo NutriSari
dengan warna dasar merah dengan tulisan putih, serta keterangan berbagai
multivitamin dan fosfor serta kalsium menggunakan teknik semiotika:
1) Warna dasar biru dan kuning : Warna biru memiliki makna denotasi sebagai warna langit dan laut. Warna biru juga sering digunakan untuk menggambarkan hal-hal yang bersifat segar, tenang, dan menyegarkan. Warna kuning memiliki makna denotasi sebagai warna cerah, ceria, dan optimis. Dalam konteks iklan NutriSari, warna biru dan kuning dapat diartikan sebagai citra produk NutriSari yang menyegarkan, menyehatkan, dan penuh semangat. Warna biru memberikan kesan tenang dan rileks, sedangkan warna kuning memberikan kesan cerah dan ceria.
2) Logo NutriSari : Logo NutriSari terdiri dari dua elemen utama, yaitu gambar daun jeruk dan tulisan NutriSari. Gambar daun jeruk mewakili bahan utama produk NutriSari, yaitu buah jeruk. Tulisan NutriSari mewakili nama produk dan identitas perusahaan. Gambar daun jeruk dalam logo NutriSari memiliki makna denotasi sebagai buah jeruk. Buah jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Tulisan NutriSari dalam logo NutriSari memiliki makna denotasi sebagai nama produk dan identitas perusahaan. Nama NutriSari berasal dari kata "nutrisi" yang berarti zat yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan. Nama ini mengkomunikasikan bahwa NutriSari merupakan produk minuman jeruk yang kaya akan nutrisi.
3) Keterangan
berbagai multivitamin dan fosfor serta kalsium : Keterangan ini
memberikan informasi tentang kandungan nutrisi yang terdapat dalam NutriSari.
NutriSari mengandung berbagai multivitamin, seperti vitamin A, vitamin B1,
vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, dan
vitamin E. NutriSari juga mengandung fosfor dan kalsium. Kandungan nutrisi yang
terdapat dalam NutriSari memiliki makna denotasi sebagai informasi tentang
kandungan nutrisi yang terdapat dalam NutriSari. Informasi ini dapat menjadi
pertimbangan bagi konsumen untuk mengonsumsi NutriSari. Kandungan nutrisi yang
terdapat dalam NutriSari juga memiliki makna konotasi sebagai citra produk
NutriSari yang menyehatkan dan bermanfaat bagi tubuh. Kandungan nutrisi yang
lengkap dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan daya
tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan
tulang dan gigi, dan mencegah anemia.
Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat
disimpulkan bahwa objek - objek iklan yang memiliki warna dasar biru dan kuning,
logo NutriSari dengan warna dasar merah dengan tulisan putih, serta keterangan
berbagai multivitamin dan fosfor serta kalsium memiliki makna denotasi dan
konotasi yang saling berkaitan.
Warna dasar biru dan kuning memiliki
makna denotasi sebagai warna segar dan cerah, yang dapat diartikan sebagai
citra produk NutriSari yang menyegarkan, menyehatkan, dan penuh semangat. Logo
NutriSari memiliki makna denotasi sebagai identitas produk NutriSari, yang
dapat diartikan sebagai produk yang berkualitas dan terpercaya. Keterangan
berbagai multivitamin dan fosfor serta kalsium memiliki makna denotasi sebagai
informasi tentang kandungan nutrisi yang terdapat dalam NutriSari, yang dapat
diartikan sebagai produk yang menyehatkan dan bermanfaat bagi tubuh.
Secara keseluruhan, objek - objek iklan
tersebut dapat memberikan pesan bahwa NutriSari merupakan produk minuman jeruk
yang menyegarkan, menyehatkan, dan penuh semangat. Berikut adalah tabel yang merangkum
makna denotasi dan konotasi dari objek - objek iklan tersebut :
No |
Objek Iklan |
Makna
Denotasi |
Makna
Konotasi |
1 |
Warna dasar biru dan
kuning |
Warna langit dan laut,
warna cerah |
Segar, tenang, menyegarkan, cerah,
ceria, optimis |
2 |
Logo Nutrisari |
Gambar jeruk dan tulisan
Nutrisari |
Buah jeruk, nama produk,
identitas perusahaan |
3 |
Keterangan berbagai
multivitamin dan fosfor serta kalsium |
Informasi tentang
kandungan nutrisi |
Kandungan nutrisi lengkap,
menyehatkan, bermanfaat |
3.2 MENGALISA TEKS DALAM IKLAN
Arti kiasan dan bukan kiasan dapat menjadi salah satu
aspek yang penting untuk dianalisis. Arti kiasan dapat membantu kita untuk
memahami makna yang tersirat dari teks dan citra yang terdapat dalam poster
iklan produk. Sedangkan, arti bukan kiasan dapat membantu kita untuk memahami
makna yang literal dari teks dan citra tersebut. Berikut ini adalah penjelasan
kiasan dan bukan kiasan dalam menganalisa teks dalam poster iklan produk yaitu
antara lain:
1) Kiasan adalah penggunaan kata atau frasa untuk menggantikan kata atau frasa lain dengan cara yang tidak literal. Kiasan dapat digunakan untuk menciptakan efek tertentu, seperti keindahan, humor, atau kejutan. Dalam analisis poster iklan produk, kiasan dapat digunakan untuk menyampaikan pesan tertentu kepada konsumen. Misalnya, dalam poster iklan produk NutriSari Jeruk Maroko, terdapat kiasan "100 Vitamin C". Kiasan tersebut dapat diartikan sebagai janji dari produsen bahwa NutriSari Jeruk Maroko mengandung vitamin C dalam jumlah yang sangat banyak. Berikut adalah beberapa contoh kiasan yang dapat ditemukan dalam analisis poster iklan produk:
a. Metafora : Pemakaian kata atau frasa untuk menggantikan kata atau frasa lain berdasarkan persamaan atau analogi. Misalnya, "NutriSari Jeruk Maroko adalah sumber vitamin C yang alami.
b. Personifikasi : Pengungkapan benda mati atau abstrak seolah - olah memiliki sifat atau perbuatan contohnya seperti manusia. Misalnya, "NutriSari Jeruk Maroko selalu hadir untuk menemanimu."
c. Hiperbola : Pemakaian kata-kata atau ungkapan yang dibesar - besarkan untuk menimbulkan sesuatu efek atau reaksi tertentu. Misalnya, "NutriSari Jeruk Maroko adalah minuman yang menyegarkan dan menyehatkan."
d. Metonimia : Pemakaian nama benda untuk benda lain yang berhubungan dengannya. Misalnya, "Nutrisari Jeruk Maroko adalah minuman yang kaya akan vitamin C."
e. Sinekdoke : Pemakaian sebagian untuk mewakili keseluruhan atau sebaliknya. Misalnya, "NutriSari Jeruk Maroko adalah minuman yang dapat membuatmu segar."
2) Bukan
kiasan adalah penggunaan kata atau frasa secara literal,
sesuai dengan makna sebenarnya. Bukan kiasan dapat membantu kita untuk memahami
makna yang sebenarnya dari teks dan citra yang terdapat dalam poster iklan
produk.Dalam analisis poster iklan produk, bukan kiasan dapat digunakan untuk
menyampaikan informasi tertentu kepada konsumen. Misalnya, dalam poster iklan
produk NutriSari Jeruk Maroko, terdapat informasi tentang kandungan nutrisi
yang terdapat dalam produk tersebut. Informasi tersebut disampaikan secara
literal, yaitu "multivitamin dan fosfor serta kalsium." Berikut
adalah beberapa contoh bukan kiasan yang dapat ditemukan dalam analisis poster
iklan produk:
a. Kata
benda : Sesuatu kata yang dapat digunakan dalam menyebut
orang, benda, tempat, atau
hal. Misalnya, "Nutrisari Jeruk Maroko".
b. Kata
kerja : Sesuatu kata yang dapat digunakan untuk
menyatakan perbuatan. Misalnya, "Minum Nutrisari Jeruk
Maroko".
c. Kata
sifat : Sesuatu kata yang dapat digunakan untuk
menyatakan sifat atau keadaan. Misalnya, "Nutrisari Jeruk Maroko
adalah minuman yang segar dan menyehatkan."
d. Kata
keterangan : Sesuatu kata yang digunakan untuk menjelaskan
kata benda, kata kerja, atau kata
sifat. Misalnya, "Nutrisari Jeruk Maroko adalah minuman yang
kaya akan vitamin C."
Sintagma merupakan satuan bahasa yang terdiri dari dua
kata atau lebih yang membentuk satu kesatuan makna. Sintagma dapat berupa
frase, klausa, atau kalimat. Dalam poster iklan produk NutriSari Jeruk Maroko,
terdapat beberapa sintagma, yaitu sebagai berikut ini:
1) "Baru!!
Nutrisari Jeruk Maroko" merupakan frase nomina yang terdiri dari dua kata,
yaitu "Baru" dan "Nutrisari Jeruk Maroko". Frasa ini
memiliki makna denotasi sebagai pernyataan bahwa Nutrisari Jeruk Maroko
merupakan produk baru.
2) "100
Vitamin C" merupakan frase nomina yang terdiri dari dua kata, yaitu
"100" dan "Vitamin C". Frasa ini memiliki makna denotasi
sebagai pernyataan bahwa Nutrisari Jeruk Maroko mengandung 100% vitamin C.
3) “multivitamin
dan fosfor serta kalsium” merupakan frase nomina yang terdiri dari empat kata,
yaitu “multivitamin”, “dan”, “fosfor”, dan “serta kalsium”. Frasa ini memiliki
makna denotasi sebagai informasi tentang kandungan nutrisi yang terdapat dalam
Nutrisari Jeruk Maroko.
Paradigma merupakan satuan bahasa yang memiliki
kesamaan bentuk dan makna. Paradigma dapat berupa kata, frase, atau klausa.
Dalam poster iklan produk Nutrisari Jeruk Maroko, terdapat beberapa paradigma,
yaitu sebagai berikut ini:
1) “Nutrisari
Jeruk Maroko” merupakan paradigma frase nomina yang terdiri dari tiga kata,
yaitu “Nutrisari”, “Jeruk”, dan “Maroko”.
2) “Vitamin
C” merupakan paradigma frase nomina yang terdiri dari dua kata, yaitu “Vitamin”
dan “C”.
3) “multivitamin”
merupakan paradigma frase nomina yang terdiri dari tiga kata, yaitu “multi”,
“vitamin”.
4) “fosfor”
merupakan paradigma frase nomina yang terdiri dari satu kata.
5) Kalsium
merupakan paradigma frase nomina yang terdiri dari satu kata.
Analisis sintagma dan paradigma dapat membantu kita
untuk memahami makna dari teks yang terdapat dalam iklan. Dalam poster iklan
produk NutriSari Jeruk Maroko, sintagma dan paradigma yang terdapat di dalamnya
memiliki makna denotasi dan konotasi yang saling berkaitan.
Makna denotasi dari sintagma dan paradigma dalam
poster iklan produk NutriSari Jeruk Maroko dapat membantu kita untuk memahami
informasi yang disampaikan secara literal. Sedangkan, makna konotasi dari
sintagma dan paradigma dalam poster iklan produk Nutrisari Jeruk Maroko dapat
membantu kita untuk memahami pesan yang ingin disampaikan oleh produsen secara
tersirat.
Secara keseluruhan, poster iklan produk Nutrisari Jeruk Maroko ini memiliki pesan bahwa Nutrisari Jeruk Maroko merupakan produk baru yang menyegarkan dan menyehatkan. Produk ini mengandung 100% vitamin C, serta multivitamin dan fosfor serta kalsium, yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.
3.3 MENGELOMPOKKAN TEKS DAN CITRA PADA IKLAN NUTRISARI
BERDASARKAN IKON, INDEKS, DAN SIMBOL
Dalam menganalisis iklan, salah satu tahap yang
penting adalah mengelompokkan teks dan citra yang terdapat dalam iklan
tersebut. Teks dan citra merupakan dua elemen yang saling berkaitan dalam
sebuah iklan. Teks dapat memberikan informasi tentang produk, sedangkan citra
dapat menarik perhatian konsumen dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan
oleh iklan tersebut. Teks dalam iklan dapat berupa slogan, tagline, atau
kalimat - kalimat lainnya. Sementara, Citra dalam iklan dapat berupa gambar,
foto, atau video.
Mengelompokkan Teks dan Citra dalam Poster Iklan
Produk NutriSari Jeruk Maroko Dalam poster iklan produk Nutrisari Jeruk Maroko,
terdapat beberapa teks dan citra yang dapat diungkapkan sebagai berikut :
1. Teks
a) Slogan
: "Baru!! Nutrisari Jeruk Maroko"
b) Tagline
: "100 Vitamin C"
c) Kalimat
: "multivitamin dan fosfor serta kalsium"
- Teks "multivitamin dan fosfor serta kalsium" berfungsi informatif karena memberikan informasi tentang kandungan nutrisi yang terkandung dalam NutriSari Jeruk Maroko.
- Teks "Baru!! NutriSari Jeruk Maroko" berfungsi persuasif karena tekanan bahwa Nutrisari Jeruk Maroko merupakan produk baru.
- Teks "100 Vitamin C" berfungsi persuasif karena tekanan bahwa Nutrisari Jeruk Maroko mengandung 100% vitamin C.
2.
Citra
a) Gambar
jeruk maroko
b) Gambar
gelas berisi NutriSari Jeruk Maroko
c) Gambar orang yang sedang minum NutriSari Jeruk Maroko
- Gambar jeruk maroko dan gambar gelas berisi NutriSari Jeruk Maroko berfungsi informatif karena memberikan informasi tentang bentuk dan warna produk.
- Gambar animasi NutriSari Jeruk Maroko berfungsi persuasif karena menunjukkan bahwa NutriSari Jeruk Maroko dapat dikonsumsi oleh siapa saja.
Mengelompokkan
teks dan citra berdasarkan ikon, indeks, dan simbol juga merupakan hal penting
dapat menganalisis iklan. Ikon adalah tanda yang mewakili sesuatu secara
langsung.
Pada poster iklan NutriSari Jeruk
Maroko, ikon digunakan sebagai representasi visual yang mencerminkan
atau mewakili produk tersebut. Ikon pada poster ini akan menjadi gambar atau
simbol yang secara langsung terkait dengan jeruk Maroko atau minuman NutriSari
Jeruk Maroko itu sendiri.
Pada poster
iklan NutriSari, indeks digunakan sebagai petunjuk atau tanda
yang secara langsung terkait dengan produk atau konsep yang dipromosikan.
Indeks ini memberikan informasi lebih lanjut atau mengarahkan pemirsa untuk
mengidentifikasi dan mengaitkan poster dengan produk yang dipromosikan.
Sedangkan,
simbol paada poster iklan NutriSari digunakan untuk menyampaikan pesan atau makna tertentu yang
terkait dengan produk atau merek tersebut. Simbol digunakan untuk memberikan
kesan, nilai, atau identitas tambahan pada produk yang dipromosikan.
Mengelompokkan teks dan citra
berdasarkan ikon, indeks dan simbol pada iklan NutriSari Jeruk Maroko dapat
dianalisis sebagai berikut;
1)
Ikon
Ikon
adalah representasi visual dari konsep atau objek tertentu. Pada iklan
NutriSari Jeruk Maroko, ikon yang digunakan adalah:
· Gambar
animasi buah jeruk sebagai ikon utama dari seluruh produk NutriSari.
· Gambar produk dalam kemasan sachet dan gelas yang sangat menyegarkan.
2)
Indeks
Indeks
adalah tanda atau petunjuk yang secara langsung terkait dengan produk atau
konsep yang dipromosikan. Contoh indeks yang dapat digunakan:
· Warna
Jeruk Maroko, penggunaan warna jeruk pada latar belakang atau elemen - elemen
desain lainnya.
· Tagline
"100% Vitamin C" memiliki makna sebagai pernyataan bahwa NutriSari
Jeruk Maroko mengandung 100% vitamin C. Dari tagline ini adalah indeks produk
NutriSari yang menyegarkan dan menyehatkan.
· Foto atau Gambar Buah Jeruk Maroko sebagai indeks langsung dari produk yang dipromosikan.
3)
Simbol
Simbol
adalah representasi yang lebih abstrak atau non-literal dari suatu ide atau
konsep.
· Dalam
iklan ini, simbol berupa warna - warna cerah yang menunjukkan kesegaran dan
kelezatan dari NutriSari Jeruk Maroko.
· Simbol kata "Baru" pada poster produk menunjukkan adanya varian baru, simbol "Baru" mungkin ditampilkan untuk menarik perhatian konsumen terhadap inovasi terbaru.
Secara
keseluruhan, teks dan citra yang dalam poster iklan produk NutriSari Jeruk
Maroko memiliki fungsi untuk memberikan informasi dan membujuk konsumen untuk
membeli produk tersebut. Pengelompokkan
teks dan citra berdasarkan ikon, indeks dan simbol dalam poster iklan produk
NutriSari Jeruk Maroko dapat membantu kita untuk memahami makna dari iklan
tersebut secara lebih komprehensif.
3.4 GENERALISASI DALAM ANALISIS POSTER IKLAN NUTRISARI
JERUK MAROKO
Generalisasi merupakan proses penarikan kesimpulan
umum dari sejumlah data atau fakta. Generalisasi dapat dilakukan dalam analisis
poster iklan untuk memahami pesan yang ingin disampaikan oleh produsen. Dalam
analisis poster iklan produk NutriSari Jeruk Maroko, generalisasi dapat
dilakukan dengan cara menarik kesimpulan umum dari makna denotasi dan konotasi
dari teks dan citra yang terdapat dalam poster tersebut. Generalisasi ini dapat
menjadi dasar bagi kita untuk memahami tujuan dari poster iklan produk
NutriSari Jeruk Maroko. Tujuan dari poster iklan ini adalah untuk mengajak
konsumen untuk mengonsumsi NutriSari Jeruk Maroko.
Generalisasi dapat dilakukan dengan cara yang
berbeda-beda, tergantung pada pendekatan yang digunakan dalam analisis poster
iklan. Misalnya, jika pendekatan yang digunakan adalah pendekatan semiotika,
maka generalisasi dapat dilakukan dengan cara menarik kesimpulan umum dari
makna denotasi dan konotasi dari teks dan citra yang terdapat dalam poster. Sementara
itu, jika pendekatan yang digunakan adalah pendekatan komunikasi, maka
generalisasi dapat dilakukan dengan cara menarik kesimpulan umum dari tujuan dari
poster iklan.
Dalam analisis poster iklan produk, generalisasi dapat
dilakukan dengan cara sebagai berikut ini yaitu:
1. Mengidentifikasi
objek-objek iklan, seperti gambar, teks, dan warna.
2. Menganalisis
makna denotasi dan konotasi dari objek-objek iklan tersebut.
3. Mencari
hubungan antara objek - objek iklan tersebut.
4. Menarik
kesimpulan dari hubungan tersebut.
Berikut
ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan dalam melakukan
generalisasi dalam analisis poster iklan produk antara lain nya yaitu:
1. Kelengkapan Informasi
Dalam menganalisis poster iklan
produk NutriSari Jeruk Maroko, informasi yang perlu diperhatikan dalam
melakukan generalisasi meliputi:
a) Makna
denotasi dari slogan "Baru!! NutriSari Jeruk Maroko" adalah
pernyataan bahwa NutriSari Jeruk Maroko merupakan produk baru.
b) Makna
denotasi dari tagline "100 Vitamin C" adalah pernyataan bahwa NutriSari
Jeruk Maroko mengandung 100% vitamin C.
c) Makna
denotasi dari keterangan "multivitamin dan fosfor serta kalsium"
adalah informasi tentang kandungan nutrisi yang terdapat dalam NutriSari Jeruk
Maroko.
Makna denotasi dari teks dan citra yang terdapat dalam
poster iklan produk NutriSari Jeruk Maroko dapat diperoleh dengan cara
mengidentifikasi makna dari setiap kata, frasa, atau kalimat yang terdapat
dalam poster iklan tersebut. Misalnya, makna denotasi dari slogan "Baru!!
NutriSari Jeruk Maroko" dapat diperoleh dengan mengidentifikasi makna dari
kata "baru", "NutriSari", dan "Jeruk Maroko".
Kata "baru" memiliki makna "belum pernah ada sebelumnya".
Kata "NutriSari" adalah nama merek produk. Kata "Jeruk Maroko"
adalah jenis buah jeruk yang berasal dari Maroko.
Dengan demikian, makna denotasi dari slogan "Baru!! NutriSari Jeruk Maroko" adalah pernyataan bahwa NutriSari Jeruk Maroko merupakan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya.
2. Objektivitas
Dalam menganalisis poster iklan
produk NutriSari Jeruk Maroko, objektivitas dapat dilakukan dengan cara berikut:
a) Melakukan
analisis secara sistematis dan logis
Analisis yang sistematis dan logis
dapat membantu kita untuk menghindari bias atau prasangka pribadi dalam
melakukan generalisasi. Misalnya, dalam menganalisis makna denotasi dan
konotasi dari teks dan citra yang terdapat dalam poster iklan produk NutriSari
Jeruk Maroko, kita harus menggunakan metode yang sama untuk setiap teks dan
citra.
b) Mengembangkan hipotesis yang jelas dan disertai oleh bukti
Hipotesis yang jelas dan didukung
oleh bukti dapat membantu kita untuk fokus pada informasi yang relevan dan
menghindari informasi yang tidak relevan. Misalnya, dalam mengembangkan
hipotesis tentang makna poster iklan produk NutriSari Jeruk Maroko, kita harus
menggunakan informasi yang terdapat dalam poster iklan tersebut sebagai dasar
untuk mengembangkan hipotesis.
c) Melakukan
uji coba hipotesis dengan data yang relevan
Uji coba hipotesis dengan data yang relevan dapat membantu kita untuk menguji hasil generalisasi dan memastikan bahwa hasil tersebut akurat. Misalnya, dalam menguji hipotesis tentang makna poster iklan produk NutrISari Jeruk Maroko, kita dapat membandingkan hasil hipotesis dengan hasil analisis yang dilakukan oleh orang lain.
3. Kritisisme
Dalam
menganalisis poster iklan produk NutriSari Jeruk Maroko, kritikisme dapat
dilakukan dengan cara berikut ini:
a) Melakukan analisis secara mendalam dan menyeluruh
Analisis
yang mendalam dan menyeluruh dapat membantu kita untuk menemukan makna - makna
lain yang tersirat dalam teks dan citra yang terdapat dalam poster iklan produk
NutriSari Jeruk Maroko. Misalnya, dalam menganalisis makna konotasi dari teks
dan citra yang terdapat dalam poster iklan produk NutriSari Jeruk Maroko, kita
dapat mempertimbangkan konteks sosial dan budaya di mana poster iklan tersebut
diproduksi.
b) Memperhatikan konteks sosial dan budaya
Memperhatikan
konteks sosial dan budaya dapat membantu kita untuk memahami makna dari teks
dan citra yang terdapat dalam poster iklan produk NutriSari Jeruk Maroko secara
lebih komprehensif. Misalnya, dalam menganalisis makna konotasi dari gambar
buah jeruk Maroko yang terdapat dalam poster iklan produk NutriSari Jeruk
Maroko, kita dapat mempertimbangkan bahwa jeruk Maroko merupakan buah yang
berasal dari negara yang terkenal dengan keindahan alamnya.
c) Memperhatikan kemungkinan makna lain yang tersirat
Memperhatikan kemungkinan makna lain yang tersirat dapat membantu kita untuk menghindari generalisasi yang terlalu cepat dan tidak akurat. Misalnya, dalam menganalisis makna konotasi dari tagline "100 Vitamin C" yang terdapat dalam poster iklan produk NutriSari Jeruk Maroko, kita dapat mempertimbangkan bahwa tagline tersebut juga dapat diartikan sebagai janji dari produsen bahwa NutriSari Jeruk Maroko dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian masyarakat.
Dengan
memperhatikan hal - hal tersebut, generalisasi dalam analisis poster iklan
produk NutriSari Jeruk Maroko dapat dilakukan secara lebih efektif dan akurat. Berikut
ini adalah generalisasi dalam analisis poster iklan produk pada poster iklan
produk NutriSari Jeruk Maroko terdapat beberapa objek iklan, yaitu sebagai
berikut ini antara lain:
1. Gambar buah jeruk Maroko
2. Gambar orang yang sedang menikmati NutriSari Jeruk
Maroko
3. Slogan "Baru!! NutriSari Jeruk Maroko"
4. Tagline "100 Vitamin C"
5. Keterangan "multivitamin dan fosfor serta
kalsium"
Makna
denotasi dan konotasi dari objek - objek iklan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Gambar buah jeruk Maroko memiliki makna denotasi
sebagai gambar animasi buah jeruk yang berasal dari Maroko. Makna konotasi dari
gambar ini adalah citra produk NutriSari yang segar dan alami.
2. Slogan "Baru!! NutriSari Jeruk Maroko"
memiliki makna denotasi sebagai pernyataan bahwa NutriSari Jeruk Maroko
merupakan produk baru. Makna konotasi dari slogan ini adalah citra produk NutriSari
yang inovatif dan mengikuti tren.
3. Tagline "100 Vitamin C" memiliki makna
denotasi sebagai pernyataan bahwa NutriSari Jeruk Maroko mengandung 100%
vitamin C. Makna konotasi dari tagline ini adalah citra produk NutriSari yang
menyegarkan dan menyehatkan.
4. Keterangan "multivitamin dan fosfor serta
kalsium" memiliki makna denotasi sebagai informasi tentang kandungan
nutrisi yang terdapat dalam NutriSari Jeruk Maroko. Makna konotasi dari kalimat
ini adalah citra produk NutriSari yang menyehatkan dan bermanfaat bagi tubuh.
Berdasarkan
makna denotasi dan konotasi dari objek - objek iklan tersebut, dapat ditarik
hubungan sebagai berikut:
1. NutriSari Jeruk Maroko merupakan produk baru yang
menyegarkan dan menyehatkan.
2. Produk ini mengandung 100% vitamin C, serta
multivitamin dan fosfor serta kalsium, yang dapat memberikan manfaat bagi
kesehatan.
Dari
hubungan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa produsen ingin menyampaikan
pesan bahwa NutriSari Jeruk Maroko merupakan produk baru yang menyegarkan dan
menyehatkan. Produk ini mengandung 100% vitamin C, serta multivitamin dan
fosfor serta kalsium, yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.
Generalisasi
dalam analisis poster iklan produk dapat membantu kita untuk memahami pesan
yang ingin disampaikan oleh produsen secara lebih mendalam. Generalisasi dapat
dilakukan dengan cara yang sistematis dan objektif, sehingga hasil analisis
dapat dipertanggungjawabkan.
BAB IV
KESIMPULAN
Dalam analisis semiotika
Roland Barthes terhadap iklan NutriSari Jeruk Maroko, ditemukan bahwa iklan ini
menggunakan simbol - simbol visual dan verbal untuk menyampaikan pesan kepada
audiens. Penelitian ini mengungkap bahwa iklan tersebut memiliki kedalaman
makna dalam setiap elemen yang digunakan. NutriSari sebagai merek telah
mengalami evolusi dari produk serbuk menjadi minuman siap minum, menunjukkan
adaptasi terhadap kebutuhan pasar. Penggunaan berbagai varian buah, termasuk
jeruk maroko, menekankan inovasi produk dan kaya akan nutrisi, terutama vitamin
C yang penting bagi kesehatan kulit.
Dalam konteks teori
semiotika, penggunaan simbol - simbol visual seperti poster digital yang
diunggah ke media sosial, seperti Instagram, menjadi sarana penting untuk
menjangkau dan mempengaruhi audiens. Gambar dan warna yang digunakan dalam
poster memiliki makna simbolis yang mendalam, mewakili kesegaran, kebugaran,
serta asosiasi dengan kesehatan kulit. Pesan yang disampaikan melalui tanda
verbal dan nonverbal dalam iklan ini tidak hanya mempromosikan produk, tetapi
juga menciptakan citra merek yang terkait dengan gaya hidup sehat dan modern.
Hal ini tercermin dalam penggunaan kata-kata, slogan, dan visual yang
menggambarkan kesegaran buah jeruk maroko.
Kesimpulannya, analisis semiotika Roland Barthes terhadap iklan NutriSari Jeruk Maroko mengungkap bahwa pesan yang disampaikan tidak hanya tentang produk itu sendiri, tetapi juga menciptakan citra merek yang terkait dengan gaya hidup sehat, inovatif, dan menarik bagi konsumen. Simbol - simbol visual dan verbal digunakan dengan cermat untuk mempengaruhi persepsi audiens terhadap produk dan merek NutriSari secara keseluruhan.
DAFTAR PUSTAKA
Sumber Buku :
Vera,
Nawiroh. (2022). Semiotika Dalam Riset Komunikasi (Edisi Revisi). Depok:
RajaGrafindo Persada.
Situmeang,
Ilona V.O. (2016). Modul Pengantar Periklanan. Jakarta: Universitas
Persada Indonesia YAI.
Asriningsari, Ambarini & Nazla Maharani Umaya. (2012). Semiotika Teori dan Aplikasi Pada Karya Sastra. IKIP PGRI Semarang Press.
Sumber Artikel Jurnal :
Sutanto, Getar Ardyanti & Agus Ridwan. (2021). Kajian Metonimia Pada Teks Iklan Fanta. E-Journal Identitaet, Vol 10, No. 2.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/identitaet/article/view/40695
Lengkey, Lenny Meyrin Evelyn, Debby Kawengian & Eva Marentek. (2014). Peranan Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Pengguna Iklan di Harian Komentar Manado. Journal “Acta Diurna” Volume III. No.3. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/5689
Galuh Sekar Naila 1A4 (202310415276)
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Tugas Ujian Akhir Semester Ganjil 2023/2024
baguss penjelasannya lengkap
BalasHapusmenarik, begitu juga disertai penjelasan yg lengkap
BalasHapusbagus, penjelasannya lengkap dan gampang di mengerti
BalasHapusKeren penjelasan yang diberikan sangat lengkap dan cukup mudah dimengerti thank you!
BalasHapusBaguss, penjelasan yang di berikan sangat lengkap dan cukup untuk dimengerti
BalasHapuspenjelasannya keren banget, mudah dipahami dan sangat lengkap
BalasHapuspenjelasan nya jelas dan lengkap
BalasHapusRingkas dan jelas
BalasHapusPenjelasan mengenai simbol serta bahasa yang terkandung dalam teori semiotika tersebut di jelaskan secara terperinci serta jelas pemaknaanya
BalasHapusBagus penjelasan yang disampaikan dapat dengan mudah dimengerti, tidak berbelit-belit dan bisa disampaikan dengan ringkas dan jelas.
BalasHapuspenjelasan nya mudah di mengerti, dan menarik jadi tidak bosan untuk membaca nya sampai selesai
BalasHapusBagus,mudah di pahami struktur dari setiap bab jadi tidak akan bingung
BalasHapusPenjelasannya lengkap kack
BalasHapuspenjelasan nya jelas dan mudah dimengerti
BalasHapusPenjelasan nya bagus dan mudah di pahami oleh pembaca
BalasHapusInformasi yang diberikan sangat bagus
BalasHapusPenjelasan yang diberikan sudah cukup jelas dan mudah dimengerti
BalasHapusSangat membantu, keren
BalasHapusInformasinya menarik, penjelasanya singkat dan mudah dimengerti
BalasHapusMantap gan penjelasannya sangat lengkap
BalasHapuskeren, penjelasan yang di berikan cukup di mengerti
BalasHapusInformasi menarik padat singkat dan jelas
BalasHapusSangat menarik, penjelasannya lengkap dan mudah dimengerti.
BalasHapusinformasinya lengkap dan penjelasannya sangat jelas dan mudah di pahami
BalasHapusbagus, sangat mudah dipahami
BalasHapuspenjelasan yang sangat lengkap dan mudah dipahami, good job ๐๐ป
BalasHapusseluruh materi dijelasin secara lengkap dan informasi yang diberika juga cukup jelas dan mudah dipahami, terimakasih
BalasHapusinformasi dijelaskan secara jelas dan menarikk๐๐ป๐๐ป
BalasHapusInformasi yang dijelaskan menarik dan dapat di pahami
BalasHapusPenjelasan detail dan lengkap, isi materinya menarik
BalasHapusPenjelasan detail dan lengkap, isi materinya menarik dan sangat mudah untuk di pahami
BalasHapuspenjelasan lengkap dan mudah dimengerti ๐
BalasHapusPenjelasan Bagus
BalasHapusmantapp bgt penjelasannya
BalasHapuspenjelasannya sangat jelas
BalasHapusgokil
BalasHapusLengkap sekalii
BalasHapusKerenn pejelasannya -H&W
BalasHapusmudah di pahami dan penjelasannya lengkap
BalasHapusPenjelasannya materinya lengkap, sesuai dengan judul, dan mudah dipahami.. good
BalasHapusPenjelasan yang sangat baik , dan mudah dimengerti sangat baik.
BalasHapusMateri yang dipaparkan sudah cukup jelas dan mudah dimengerti dengan baik ๐
BalasHapusTerimakasih untuk blog ini sangat bermanfaat!
BalasHapusBlog ini mudah di pahami ,penjelasannya lengkap dan sangat bermanfaat.
BalasHapusBlog nya mudah dimengerti dan sangat bermanfaat, terima kasih!
BalasHapusTerima kasih kak. Penjelasannya lengkap dan cukup mudah untuk dipahami.
BalasHapuspenjelasan dalam artikel blog ini mudah dipahami, jadi mudah untuk lebih mempelajari analisis iklan menggunakan semiotika, isinya juga ringkas dan padat๐๐ป๐๐ป
BalasHapussangat menarikkk
BalasHapusPenjelasannya bagus sekali
BalasHapusmudah dipahami dan dapat menambah ilmu sekaligus memperluas pengetahuan
BalasHapusjelas banget, menambah ilmu, thanks min
BalasHapusMateri sangat menarik dan mudah dipahami . Informasi dan penjelasan nya juga sangat detail dan akurat . Terimakasih
BalasHapussangat menarik dan mudah di pahamii
BalasHapusmudah dipahami penjelasan nya
BalasHapuspenjelasan nya mudah dipahami ๐๐ป๐๐ป
BalasHapuspenjelasan materi yang sangat menarik sehingga mudah untuk di pahami dan informasi seperti ini sangat berguna sekali untuk saya
BalasHapus๐๐ป๐๐ป๐๐ป
BalasHapus๐๐ป
BalasHapusinformasi yang diberikan sangat menarik, cukup lengkap dan sangat mudah untuk dipahami
BalasHapuskeren banget analisisnya, jadi mudah buat dipahami
BalasHapusisi yang dituang sangat mudah dipahami dengan penulisan yanh ringkas namun lengkap, terimakasih ilmu nya yang telah di bagikan ♡
BalasHapusTerimakasih untuk blog yang bermanfaat!
BalasHapusBaik. Penjelasan jelas dan dapat dipahami. Bermanfaat bagi yg membaca
BalasHapuspenjelasan jelas dan sangat membantu
BalasHapusPenjelasanya baguss
BalasHapusPenjelasannya sangat bagus. Terimakasih!
BalasHapusterimakasih penjelasannya, sangat dapat dimengerti
BalasHapusTerimakasih untuk penjelasan tentang analisa semiotika ini ๐๐
BalasHapusPenjelasan yang sangat sederhana dan dapat dimengerti dengan baik, mudah di cerna di kepala dan bahasa yang digunakan tidak terlalu rumit
BalasHapusbagusss penjelasannya mudah dimengerti, terimakasih!
BalasHapuskeren penjelasan mudah dimengerti dan sangat informatif
BalasHapusinformasi yang dicantumkan dalam blog ini sangat jelas, terimakasih! ๐ค
BalasHapusblog yang bermanfaat bagus๐๐
BalasHapusSangat jelas....transparan....mudah di mengerti
BalasHapusSngat kreatip smangat trs kk.....✊️๐ค
BalasHapuskeren sekali ka๐ฅฐ
BalasHapusSangat bagus
BalasHapusHebat anakku smga nanti nilainya memuaskan Yy๐ช๐
BalasHapusTrimaksih untuk informasi mengenai analisis pada iklan ini ๐
BalasHapussangat membantu dan mudah dipahami ๐
BalasHapusTerimakasih infonya sangat jelas dan lengkap
BalasHapuskerennn
BalasHapusJelas dan mudah dipahami
BalasHapuspenjelasan yang dijelaskan sangat bagus, mudah dipahami, serta detail. terima kasih kepada penulis yg telah membuat blog ini. blog ini sangat bermanfaat!
BalasHapusbagus banget mudah di pahami
BalasHapuspenjelasannya bagus dan lengkap, desainnya juga menarikk sangat dipahami jika dibaca. sukaa dan sangat bermanfaat! ๐ป
BalasHapussangat informatif dan mudah dipahamin
BalasHapusSangat bagus dan menarik
BalasHapusPenjelasannya sangat bagus dan mudah dipahami
BalasHapusKeren, sangat bermanfaat
BalasHapusbaguss sekaliiiiii nalaaa
BalasHapusNALAAA KEREN BGTTT
BalasHapuskeren nala
BalasHapuspenjelasan pada blog ini cukup menarik,jelas,dan mudahh dipahami
BalasHapusWiihhh gilaa komplit ini mah isi nya thank youu yaa
BalasHapusBisa nih buat jadi referensi tugas aku nih thank youu yaa min ๐๐ป๐
BalasHapuspenjelasannya menarik n mudah dipahami ๐ธ
BalasHapussangat mudah dipahami, keren bgttt๐
BalasHapusRapihhh syekalii, mantap nalll๐ซถ๐ป๐ซถ๐ป๐ซถ๐ป
BalasHapusbagus, materi yg diterangkan sangat jelas dan mudah di pahami
BalasHapuspenjelasannya detail dan mudah dipahami๐๐ป
BalasHapusWahh kereenn!! Ku tunggu postingan lainnya yaa..
BalasHapuskerennn laa
BalasHapusKeren
BalasHapuskeren
BalasHapusterimakasih untuk penulis, mudah di pahami๐ฅฐ
BalasHapus๐๐
BalasHapusWOW KEREN penjelasannya mudah di pahami dan sangat informatif!! terimakasih pd penulis blog ini, sangat bermanfaat ๐ซถ๐ป
BalasHapusbagus banget penjelasannya mudah dipahami jugaaa!
BalasHapus